FmD4FRX3FmXvDZXvGZT3FRFgNBP1w326w3z1NBMhNV5=

Iklan

Your Ads Here
items

Donasi FISIP UPS Tegal Dinilai sebagai SIkap Sense Of Crisis; Berbagi dikala Diri juga Sedang Sulit

Diryo Suparto, MSi (kir), Imawan Sugiarto SHMH (Tengah), Rocky Gerung (kanan) di Acara Seminar Fisip UPS Tegal

LPM Prapanca- Kesulitan memang banyak dialami oleh banyak aspek kehidupan pasca kedatangan pandemi Covid-19 yang menyerang Kota Tegal. Salah satu yang paling disoroti dari aspek yang paling terdampak ialah ekonomi masyarakat. Banyak kebijakan telah diambil untuk merespon merosotnya ekonomi masyarakat, seperti kebijakan bantuan langsung, bantuan bahan pokok, hingga subsidi di beberapa kebutuhan masyarakat.

Momentum itu rupaya dimanfaatka oleh Organisasi Mahasiswa Fisip UPS Tegal (Ormawa) untuk bahu-membahu saling membantu antar masyarakat. Hal inilah yang kemudian dinilai oleh Pengamat Politik yang juga memiliki jabatan Wakil Dekan III Kemahasiswaan Fisip UPS Tegal, Diryo Suparto, M.Si sebagai sikap sense of crisis. Kamis (21/5).

Disebutkan olehnya, sikap sesnse of crisis merupakan sikap empati yang muncul dari manusia saat dirinya sendiri sedang mengalami kesulitan yang sama. Oleh karena itu ia memberikan penghormatan atas aksi pemberian donasi yang dilakukan ormawa Fisip kepada masyarakat.
"Kami sebagai WD3 sangat berterimakasih dan apresiasi yang sangat dalam. Kepada mahasiswa dan lembaga kemahasiswaan fisip ata kegiatan ini," katanya pada Rabu (20/5)

"Ini menunjukan sikap sent of crisis mahasiswa Fisip. Artinya kita sama dalam kondisi musibah bencana wabah tapi kita masih peduli dengan sesama. Inilah salah satu mental positif yaitu rasa empati dari calon pemimpin masa depan," lanjutnya.

Wacana untuk pembentukan aksi donasi ormawa Fisip UPS Tegal sendiri sebagai bentuk kepedulian sebagai sesama, juga untuk melihat momentum bulan Ramadan yang baik disiasati untuk berbuat kebajikan. Hal ini diungkapkan oleh Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fisip UPS Tegal, Rizqi Agung Septa.
"Kegiatan ini dari kesadaran kita sebagai mahluk sosial untuk saling berbagi, momentum yang pas dilakukan di bulan Ramadan bulan suci penuh berkah," sampainya.

Aksi yang dilakuakan oleh puluhan anggota organisasi sore hari menjelang berbuka puasa pada Rabu 21 Mei 2020 disebar ke beberapa titik. Yaitu, Terminal Tegal, lampu merah Grogol, sekitaran Yogya Mall Tegal, dan sekitaran Pasifik Mall Tegal. Total dari 100 bungkus nasi yang dibawa, masker, dan sejumlah uang senilai 1 jutaan rupiah ludes dibagikan.
Pemberian Donasi oleh Ormawa Fisip UPS Tegal


Salah satu yang menerima donasi Sugri (65) profesi sebagai tukang parkir di salah satu emperan toko. Ia mengaku mengalami merosot ekonomi karena pandemi, hal ini berkaitan dengan pengunjung toko yang berkurang karena fase karantina yang dilakukan masyarakat. Dengan adanya bantuan seperti ini ia merasa terbantu, sembari terus berharap Covid-19 dapat reda dengan segera.

"Dengan adanya virus Corona dan penerapan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) Kota Tegal membuat penghasilan sebagai tukang parkir mengalami penurunan cukup drastis karena intensitas pengunjung toko turun akibat adanya pandemi. Dengan sistem bayar seiklasanya kepada pengunjung toko membuat penghasilan tak begitu banyak akhir-akhir ini. Harapanya semoga virus ini cepat reda dan diharapkan pemerintah lebih tanggap kepada masyarakat kecil," sahutnya.


Langkah Positif dan Bentuk Persatuan Ormawa Fisip UPS Tegal

Pendapat lain juga dituturkan Ketua Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi UPS Tegal (HMPS Ikom) Riziq Fajril Anam. Ia menyampaikan kepedulian antar sesama dapat menjadi suntikan positif ditengah paceklik karena wabah Covid-19, khususnya di Kota Tegal.

"Acara donasi tersebut sedikit banyak memberikan suntikan positif bagi Ormawa Fisip, yang kurang lebih mandeg agenda akibat Corona 2 bulan belakangan. Diharapkan saluran donasi yang dibagikan kepada masyarakat bisa meringankan perkara buka puasa para masyarakat kecil sekitaran kota Tegal," katanya.

Momentum ini juga disiasati sebagai bentuk persatuan dari berbagai komunitas atau organisasi untuk bersama-sama untuk melewati fase pagebluk yang cukup membuat banyak kalangan masyarakat ketar-ketir.

"Melalui kegiatan kecil ini sebenarnya inisiatif saya ingin mengakrabkan ormawa ilpem dan ilkom agar lebih harmonis dan lebih baik dalam bekerja sama untuk membangun Fisip yang lebih baik intinya supaya timbul rasa solidaritas," tambah Hakim selaku Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Fisip UPS Tegal.
Sebagian anggota Fisip UPS Tegal


Hal serupa juga diungkapkan Yogi Surya Abdi, Ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Pemerintahan (HMPS IP) Fisip UPS Tegal. Serta berterimakasih kepada semua pihak yang turut andil dalam acara donasi.
"Kami pun mengucapkan banyak-banyak terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu menyukseskan acara bansos ini," tutup Yogi.

0/Post a Comment/Comments

73745675015091643

Recent

Your Ads Here