FmD4FRX3FmXvDZXvGZT3FRFgNBP1w326w3z1NBMhNV5=

Iklan

Your Ads Here
items

Tipe-tipe Mahasiswa UPS Tegal, Ada yang Mirip Fadli Zon?

Hidup dilingkungan kampus merupakan sebuah kebanggaan sendiri bagi siapapun yang berkesempatan mengemban status mahasiswa. Bersyukur dan memaksimalkan kesempatan ini tentu menjadi tepat untuk diambil oleh kamu sekalipun paling doyan untuk rebahan.

Karena, mahasiswa merupakan aktor intelektual muda yang dari dahulu sangat diperhitungkan keberadaanya. Meski, secara sejarah gebrakan yang telah dibuat dari sisi sektoral atau lingkup tertentu saja. Diantaranya ialah, lahirnya Pancasila sebagai identitas Indonesia yang membuat iri bangsa lain, berdirinya Indonesia yang ditandai dengan pembacaan teks proklamasi, serta dua Presiden Indonesia yang diturunkan oleh usaha intelektual muda atau mahasiswa.
Dokumen LPM Prapanca; Pertunjukan Teater Gantos Topeng KSB

Dari beberapa hal di atas, tentu kita tidak sepakat seutuhnya jika mahasiswa tidak seluruhnya heroik seperti yang diceritakan sekelumit jejak sejarah diatas. Namun, setidaknya amanat perubahan yang dilekatkan oleh mahasiswa sudah sepenuhnya disepakati bersama dalam tri dharma perguruan tinggi, sumpah mahasiswa, dan peran mahasiswa.

Meskipun pada perakteknya seringkali tidak sesuai, oleh karena itu LPM Prapanca ingin mengajak kamu untuk sedikit melihat tipe-tipe mahasiswa yang ada di UPS Tegal. Dari populasi terbanyak hingga mendekati punah, uwuw:

1. Mahasiswa Setengah Dosen
Tipe Mahasiswa setengah dosen ini jumlahnya sangat sedikit hal ini dikarenakan keontentikan ia dalam menangkap situasi, informasi, dan keadaan seperti sebuah anugerah istimewa dari dirinya,

Biasanya mahasiswa dengan tipe ini nampak pendiam, tidak menonjol di lingkungan UPS Tegal tercinta ini. Namun, justru itu yang membuat dia unggul, porsi yang besar dia dengan dirinya sendiri membuat dia banyak menggeluti literatur tertentu.

Yang berbuntut pada kecerdasan diatas rata-rata, bahkan sangat mungkin dia lebih baik dari dosennya sendiri. Maka dari itu, bukan suatu yang heran jika nilai ip dia sampe level max yaitu 4,0. Juga seringkali ia dipercaya untuk mengampu kuliah disaat dosen tidak dapat untuk masuk dan mengisi kuliah. Bahasa kerennya dia menjadi asisten dosen gitu loh lurd.

2. Mahasiswa dengan Idealisme di Langit Ke-7

Yang kedua, dari populasi yang sedikit di UPS ialah mahasiswa dengan idealisme yang tinggi atau memuncak. Bagi mahasiswa ini kebenaran dan aturan-aturan yang ada adalah final untuk dijalankan sebagaimana mestinya.

Tidak ada kompromi bagi pelanggar maupun kekeliruan yang ada di sekitarnya, meskipun dilakukan oleh orang terdekatnya. Biasanya mahasiswa dengan tipe ini sering nampak di kajian-kajian atau diskusi kampus.

Reforma agraria, situasi berdikari, marxis adalah santapan yang dinikmati dengan lahap. Perubahan dengan perjuangan dan aksi harus real dilaksanakan karena jika berdiam sama saja dengan membiarkan yang buruk menjadi semakin buruk saja.

Hobinya dalam berpikir membuat ia menjadi salah satu lawan bicara yang serba nyambung. Memiliki tatapan yang tajam, ia seperti memiliki prinsip yang kuat dalam. Hemat penulis adalah mari doakan mahasiswa dengan jenis ini untuk terus ada dan

Dokumen LPM Prapanca; Mukema FISIP UPS Tegal 2019

berlipat. Sebab, semangat dan keteguhannya untuk memberikan sesuatu ketimbang kepentingan pribadi sangat begitu nampak.

Artinya, penampilan berantakan mahasiswa bisa saja karena terlalu jatuh hati untuk memberikan sesuatu di luar dirinya ketimbang merawat diri.

3. Mahasiswa rasa Ketua Partai Politik

Layaknya seorang pejabat, mahasiswa dengan tipe ini terlihat sok sibuk banget. Ia seperti pilah-pilih dalam memilih lawan bicara. Hal ini dikarenakan kedudukan, jabatan, gengsi, atau senioritas yang ia miliki. Namun, apapun itu tidak semua sikap yang begitu menunjukan karakter yang benar seperti pejabat.

Coba saja untuk mendekat dan mengajak bicara, biasanya asik-asik saja sih. Dan memang dia memiliki kesibukan yang pelik. Kesibukan yang cukup menyita pikiran dan tenaganya untuk menata dan melaksanakan satu per-satu.

Meski nampak begitu egois mahasiswa dengan tipe ini, tapi ia juga memiliki amanat perubahan dalam dirinya.

4. Kuliah-Pulang-Rebahan

Istilah kupu-kupu dilingkungan kampus lebih dikenal sebagai mahasiswa dengan tipe kuliah dan pulang. Karena itu singkatan kupu-kupu diambil dari kepanjangan kuliah pulang-kuliah pulang.

Mahasiswa dengan tipe ini biasanya nampak pendiam dilingkungan kampus. meski begitu jika memiliki fisik baik gebetan yang ia miliki juga tidak sedikit,

Menurut pengakuan tipe ini saat penulis coba mengulik tentang kebiasaannya itu. Ia tidak memiliki ketertarikan untuk organisasi dan bermain-main. Sehingga langkah yang diambil kuliah dan pulang. Lalu, dipopulerkan oleh netizen di media sosial twitter, kata tiduran menjadi rebahan. Dan, rebahan.

5. Mahasiswa Kece Badai 'Putih Beliung'

Selanjutnya dengan populasi yang cukup banyak ialah mahasiswa dengan gaya dan penampilan yang kece, badai hingga putih beliung atau dahsyat. Mahasiswa dengan tipe ini sungguh memprioritaskan penampilan, baginya tampil kece adalah wajib.

Dengan gaya yang demikian, keberadaanya mudah dijumpai di titik-titik keramaian. Seperti kantin, titik nongkrong fakultas, dsb.

6. Mahasiswa Kelas Investor Tambang

Dengan fisik yang nampak gagah, tipe mahasiswa yang satu ini seringkali membahas apa-apa yang berhubungan dengan uang. Baginya apapum adalah uang, semua dapat dijadikan uang sebab uang adalah kebutuhan paling harus bagi dirinya di era ini.

Bahkan, urusan ekonomi keluarga saja sering dia kepoin. Biasanya mahasiswa dengan tipe ini enggan untuk ikut berorganisasi maupun kegiatan mahasiswa, itu karena uang. Time is money, yes, gas.

7. Mahasiswa Kuwe-Kuwe

The last atau yang terakhir ialah Kuliah Nggawe (kuwe) mahasiswa yang sibuk kerja setelah perkuliahan rampung. Tidak begitu menonjol di lingkungan kampus, mahasiswa dengan tipe ini cenderung memiliki kemandirian secara uang jajan ketimbang yang lain.


Dokumen LPM Prapanca; Acara Gantos Topeng UKM KSB, UPS Tegal

Sehingga jika soal nongkrong di tanggal-tanggal muda, ia menjadi terbaik untuk isi dompet dari mahasiswa pada umumnya. Sering untuk meninggalkan perkuliahan karena pekerjaan ia dengan sendirinya akan terlihat saat ada tugas yang dinilai olehnya sebagai tugas yang serius.


Berikut tipe mahasiswa UPS Tegal yang berhasil untuk kami himpun, kapan-kapan boleh kok kita berburu atau hunting bareng tipe mahasiswa ini dikampus. Jadi? kamu termasuk tipe yang mana nih? apapun itu tentu kita semua tahu dengan peran dan fungsi mahasiswa.

Dari beberapa tipe yang tertuang diatas, selain itu juga kita dapat menebak siapa akan mirip siapa dimasa mendatang. Fadli Zon misalnya, salah satu nama tokoh nasional yang kami sebut di headline. Gambaran Fadli Zon dengan rekam jejak aktif di Senat atau BEM mahasiswa ia akrab dengan lobi-lobi politik dengan segenap kompromi.

Tidak heran, setahun setelah lulus dari Program Studi Sastra Rusia, Fakultas Sastra Universitas Indonesia. Tepatnya pada 1999, ia menjabat Direktur Nusantara Energy Resources, yang mana kepemilikiannya dibawah kendali Keluarga Cendana. Salah satunya adalah Prabowo Subianto.

Potret atau gambaran hari ini setidaknya dapat menjadi barometer atau penilaian dimasa mendatang terkait dengan kondisi sosial dan masyarakat khusunya daerah wilayah Tegal dan sekitarnya. Selagi masih ada waktu, mencoba untuk keluar dari kenyamanan tentu tepat dilakukan di usia muda. Lalu, jika fungsi kontrol mahasiswa berjalan seperti seharunya, ini tentu akan menjadi angin segar bagi umat manusia. Hidup Mahasiswa!

1/Post a Comment/Comments

73745675015091643

Recent

Your Ads Here