FmD4FRX3FmXvDZXvGZT3FRFgNBP1w326w3z1NBMhNV5=

Iklan

Your Ads Here
items

Pentingnya Mempertahankan Identitas Bangsa Sebagai Pondasi Karakter Generasi Muda



Brebes – Anggota KTNA ( Kontak Tani Nelayan Andalan ) Kabupaten Brebes menghadiri acara sosialisasi bersama, yang bertempat di Resto Cafe Teras Padi Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes pada Sabtu (12/8/2023)

Salah satu tamu istimewa yang turut hadir pada acara tersebut adalah Bpk. H. Agung Widiyantoro S.H M.Si, selaku Anggota Komisi II DPRRI. Dengan kedatangannya tersebut membuat tamu-tamu berkesempatan untuk berfoto bersama dengan beliau.


Foto bersama Bpk. H. Agung Widiyantoro S.H M.Si, s
Foto Bersama H. Agung Widiyantoro S.H M.Si, s

Bukan hanya itu saja, beliau juga mengenalkan alat tradisional yang ada pada resto tersebut pada masyarakat yang hadir. “ini adalah lesung, dulu sebelum ada selipan para petani menumbuk padi menjadi beras menggunakan lesung,” ungkap beliau.

Lesung adalah perkakas rumah tangga pada zaman dulu yang dibuat dari kayu atau batu yang berlekuk di tengahnya. Lesung digunakan untuk menumbuk beras dan sebagainya. Sedangkan alu atau antan adalah pelengkap lesung yang juga berbahan kayu sebagai alat untuk menumbuk padi

Penggunaan lesung digunakan untuk menumbuk padi guna memisahkan padi dari tangkai dan kulitnya. Kemudian padi yang kering dimasukkan ke dalam lesung untuk ditumbuk dengan alu sehingga menimbulkan suara.

“Thok thek thok thek” irama unik yang dihasilkan dari sebuah lesung

Namun, karena kurangnya kesadaran masyarakat terhadap budaya lokal, minimnya komunikasi tentang budaya, kurangnya pembelajaran mengenai budaya serta ketertarikan yang lebih condong kepada budaya dari luar, sehingga dampaknya adalah remaja Indonesia kehilangan jati diri sebagai rakyat Indonesia yang memegang teguh budaya lokal Indonesia.

Beliau berpesan agar hal-hal yang berkaitan sejarah tetap dilestarikan kepada anak muda (remaja). “Sama saja jika generasi muda tidak diceritakan bagaimana Indonesia merdeka, tidak akan tahu sejarahnya,” tegas beliau pada anggota KTNA Kabupaten Brebes.

Note : JASMERAH (JAngan Sekali-kali MElupakan sejaRAH)

Penulis : Sekar

Editor : Risma


0/Post a Comment/Comments

73745675015091643

Recent

Your Ads Here