FmD4FRX3FmXvDZXvGZT3FRFgNBP1w326w3z1NBMhNV5=

Iklan

Your Ads Here
items

Momen Ospek Fakultas, Maba FTIK Unjuk Rasa Ketidaklayakan Fasilitas

Ratusan Maba dan senior mahasiswa FTIK berunjuk rasa di depan Gedung Rektorat UPS, Ahad (18/9/2022).


Tegal – Mahasiswa baru (Maba) Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK) Universitas Pancasakti (UPS) Tegal diajak seniornya melakukan unjuk rasa. Mereka menuntut perbaikan dan kelengkapan fasilitas belajar mengajar pada hari Ahad, (18/09/2022) sore di depan Gedung Rektorat UPS.

Unjuk rasa ini dilakukan bertepatan dengan momentum pengenalan kehidupan kampus tingkat fakultas. Sebelum ke Gedung Rektorat, ratusan Maba FTIK bersama para seniornya ini berkeliling mengitari wilayah universitas sambil membentangkan poster bertuliskan berbagai tuntunan.

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FTIK, Muhammad Bagus mengatakan jika unjuk rasa ini merupakan aksi simbolik menuntut perbaikan dan pengembangan fasilitas.

“Esensinya tetap kita aksi simbolik, bahwa mahasiswa baru juga berhak menyampaikan aspirasi terkait kekurangan fasilitas seperti toilet yang airnya bermasalah. Mereka juga kecewa melihat laboratorium yang masih minim dan gedung-gedung yang masih berantakan,” kata Bagus.

“Bahkan informatika yang tahun ini ada 106 mahasiswa baru, menanyakan kelasnya di mana belum ada itu,” lanjutnya.

Menurut Bagus, tujuan senior mahasiswa FTIK mengajak ratusan Maba tersebut melakukan unjuk rasa juga agar bisa menghilangkan karakter individualistik dalam diri mahasiswa baru.

"Mahasiswa Teknik tetap harus jadi pelopor gerakan, kami ingin mengajak mahasiswa lain bersama terus menuntut perbaikan fasilitas yang tidak sebanding dengan biayanya pendidikan," terang Bagus.

Sementara salah satu Maba FTIK, Iman Faturahman mengatakan jika dirinya ingin unjuk rasa, menyampaikan ada kekurangan dan ketidaklayakan fasilitas di lingkungan universitas.

"Tujuan kami unjuk rasa adalah bahwa kampus kami ada kekurangan, tidak layak dari laboratorium mesin, WC dan fasilitas-fasilitas lain,” katanya.

Selain membentangkan poster bertuliskan tuntutan dan kekecewaan kurang memadainya fasilitas, mereka juga menyanyikan lagu bernada sindiran di depan Gedung Rektorat.

Naik naik naik UKT naik, tinggi tinggi sekali.

Kiri kanan ku lihat saja, masih banyak yang rusak.

Mahasiswa baru bentangkan poster sindiran


Oleh : M. Khaerul Ikhwani


3/Post a Comment/Comments

  1. Air di Fakultas kita itu asin dan kotor. Kita mau buang air kecil aja hrus cari WC yg memadai sperti di rektorat maupun gedung yg lain, yg notabenenya airnya bagus. Kasian bgt klo misal maba yg ngeliat klo wc nya udh bagus tpi air masih harus cari yg bagus jg.Kita tu kecewa bgt dari dulu. Dari dulu air itu jadi masalah bgt di Teknik. Aku prtama masuk teknik wc nya yg kotor, airnya dikit. Sekarang? WC nya bagus, kyak hotel meskipun kaca ketinggian. Air melimpah, TAPI ASIN. nggak bagus bgt buat ksehatan alat vital.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cebok aja harus beli air mineral dulu ya mbak, bertahun-tahun ga tuh

      Hapus
  2. Iya parah bgtt hahaha. Kayak di Afrika aja kurang air 🤭

    BalasHapus
73745675015091643

Recent

Your Ads Here